Pria dapat bugar kapan saja, bahkan di usia 40 tahunan. Meksi begitu, ada beberapa hal yang memang perlu diketahui tentang kondisi tubuh pria di usia ini karena massa otot dan kadar testosteron akan berkurang.

Jika ingin memiliki tubuh yang bugar, pria usia 40 tahun harus meningkatkan massa dan kekuatan otot tubuhnya.

“Metode terbaik adalah pelatihan ketahanan. Siapa pun dapat memulai dengan olahraga kalistenik yang dapat dilakukan secara mudah di taman atau di rumah dengan peralatan minimal,” kata pelatih kebugaran bersertifikat Abhi Singh Thakur.

Latihan seperti push up, squat, chin-up, chair up, dan plank, merupakan beberapa contoh olahraga kalistenik. Lakukan latihan selama 3 set 10 repetisi dan coba tingkatkan repetisi setiap minggu, yang dieknal sebagai progressive overload.

“Dengan cara ini tubuh Anda akan terus menjadi lebih kuat,” lanjutnya, dilansir Hindustan Times.

Sementara bila di usia 40 tahun tetapi memiliki berat badna berlebih maka lebih baik untuk berjalan. Lakukan 10 ribu langkah setiap hari dengan berolahraga di hari-hari lainnya.

“Berjalan akan bertindak sebagai cardio yang akan menjaga jantung Anda sehat dengan olahraga menyenangkan,” sambungnya.

Olahraga menyenangkan yang dimaksud adalah berenang, bersepeda, bulu tangkis, sepak bolak, jogging, dan lainnya. Mulai lakukan olahraga ini 20 menit per hari.

Thakur menyarankan untuk memberi banyak waktu untuk pemanasan dan pendinginan untuk mencegah cedera.

sumber : https://www.suara.com/health/2022/06/17/134629/beginilah-cara-menjaga-kebugaran-bagi-pria-di-usia-40-an-kuncinya-olahraga-kalistenik

 

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru

Baca Juga